Cek Spesifikasi Hardware Komputer Dengan CPU-Z

Untuk mengecek spesifikasi hardware ada beberapa caranya. Yang pertama dan cara kuno adalah mengecek kemasan-kemasan komponennya tapi cara ini agak merepotkan karena orang sering hilang kemasan-kemasannya. Yang kedua adalah menggunakan fitur yang Windows menyediakan. Biasanya dicek melalui [System] atau [Device Manager]. Tapi keduanya tidak menunjukkan detail tentang spesifikasi hardware komputer Anda. Hanya rangkuman seperti gambar berikut.
Ada software yang menunjukkan detail tentang spesifikasi hardware komputer Anda yaitu CPU-Z. Itu mendeteksi hardware-hardware yang sedang terpasang dan menunjukkan semua informasi yang bisa didapati. Saya mau mengenalkan itu sebagai materi pembelajaran bagi orang yang berminat atau bergelut di bidang komputer. Dengan CPU-Z, Anda bisa temukan istilah-istilah tentang spesifikasi hardware. Jangan salah paham ya. Posting ini bukan untuk mengajar tentang hardware tapi cuma mengenalkan sebuah software.
Pertama-tama download CPU-Z dengan gratis melalui situs webnya. Saya menyarankan Anda download versi terbaru yang dicantumkan '.zip, no installation (32bit)'. Kemudian ekstrak file ZIP lalu jalankan CPU-Z. Seperti saya sudah menyebut, CPU-Z menunjukkan informasi tentang CPU, mainboard, RAM, dan kartu grafis seperti gambar berikut.
Tab CPU menunjukkan informasi tentang CPU seperti nama model,
pemakaian listrik (W), socket, nano, kecepatan (GHz), jumlah core, dan lain-lain.

Tab Caches menunjukkan informasi tentang cache L1, L2, dan L3 pada CPU.

Tab Mainboard menunjukkan informasi tentang mainboard
seperti nama model, produsen, chipset, versi BIOS, dan lain-lain.
 

Tab Memory menunjukkan informasi tentang RAM secara global
seperti tipe, channel, kecepatan (MHz), dan lain-lain.

Tab SPD menunjukkan informasi tentang RAM slot per slot.
Kini RAM pada slot kedua terpilih dan ditunjukkan informasinya.
Dapat cek produsen, kecepatan (MHz), dan lain-lain.

Tab Graphics menunjukkan informasi tentang kartu grafis
seperti nama model, memori grafis, kecepatan (MHz) dan lain-lain.